Saturday, 29 November 2014

Bagian-Bagian Laptop Yang Sering Mengalami Kerusakan

Bagian-Bagian Laptop Yang Sering Mengalami Kerusakan | Siang sob, setelah kemarin menshare berbagai macam tips, kali ini admin akan menshare beberapa bagian laptop yang paling sering mengalami kerusakan. Kerusakan merupakan hal yang wajar dalam sebuah hal yang wajar bagi sebuah benda atau alat, kerusakan biasanya terjadi karena faktor usia atau pemakaian yang terlalu berlebihan, namun biasanya kerusakan suatu benda atau alat dapat diperlambat dengan cara merawat alat tersebut, atau menggunakannya secara wajar. Pada komponen laptop, banyak beberapa bagian atau hardware yang sering mengalami kerusakan yang mungkin belum anda ketahui. Berikut ini beberapa bagian atau hardware pada laptop yang paling sering mengalami kerusakan.



1. Harddisk. Hardisk merupakan bagian laptop yang paling sering mengalami kerusakan, mengapa demikian?? karena harddisk merupakan bagian atau hardware yang paling sering bekerja, kerja harddisk tidak akan berhenti jika laptop sobat sedang aktif. Selain itu, harddidk merupakan  hardware yang sering terkena dampak akibat proses pengolahan data seperti bermain game dan menonton film. Biasanya kerusakan yang paling sering terjadi pada harddisk yaitu Harddisk Lemah dan Bad Sector.  Namun sobat tidak perlu khawatir, sobat dapat membaca postingan saya tentang Tips merawat Harddisk agar sobat dapat memperpanjang umur harddisk.


2. Batrai. Selain Harddisk, bagian Laptop yang sering mengalami kerusakan yaitu batrai, kerusakan yang terjadi pada batrai biasanya disebabkan karena umur sel batrai, selain umur ada beberapa faktor lain penyebab kerusakan batrai, yaitu pengguna laptop tersebut. Kerusakan batrai yang paling umum dan banyak dijumpai yaitu Batrai Bocor atau Drop. Kerusakan yang seperti ini biasanya menyebabkan batrai tidak bisa menyimpan daya lebih  lama, karena daya batrai yang tersimpan bocor. Mungkin sobat paling sebal jika hal itu terjadi, namun sobat tidak perlu khawatir, sobat dapat membaca artikel admin tentang Tips Merawat Batrai Laptop





3. Keyboard. Mungkin, sobat pernah mengalami kerusakan pada keyboard, kerusakan keyboard sebenarnya jarang terjadi karena keyboard merupakan bagian yang jarang digunakan, kecuali untuk mengetik dan bermain game. Kerusakan keyboard biasanya terjadi akibat penggunaan yang terlalu kasar dan keyboard termasuki debu di bagian dalam. Biasanya, kerusakan keyboard berupa tombol yang tidak bisa ditekan, ditekan tapi tidak muncul dan dobel. Tapi sobat jangan khawatir, sobat dapat membaca artikel admin tentang Tips Merawat Keyboard laptop agar terhindar dari itu semua.



4. IC Power. Kerusakan pada komponen yang satu ini sangat jarang terjadi, Ic power dalam laptop berfungsi sebagai power suplai seperti pada PC, Ic power bertugas mengatur laptop arus listrik yang masuk ketika di charge, dan mengontrol  arus yang keluar dari batrai.Biasanya jika terjadi kerusakan pada komponen ini, laptop tidak mau dicharger. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal tersebut dengan cara mengganti komponen IC powernya atau di bawa ke tukang service


5. Chipset. Sama halnya dengan IC power, komponen yang satu ini juga jarang mengalami kerusakan, Kerusakan chipset biasanya menyebabkan Laptop Matot alias Mati Total. Kerusakan chipset sebenarnya dapat diatasi dengan melakukan Reball atau memanasi chipset yang rusak sehingga, jika ada pin chipset yang terputus dapat tersambung kembali. Namun tidak banyak orang yang dapat melakukan hal ini karena mengingat resiko yang besar ketika melakukan reball chipset. Solusi untuk masalah ini, sobat dapat membawa laptop sobat ketukang service yang telah berpengalaman dalam menangani chipset.



Load disqus comments

33 komentar