Cara Memperbaiki DVR CCTV Mati Total - Penyebab dan Cara mengatasinya

xerangalam.com - Memperbaiki DVR mati total susah-susah gampang, terkadang penyebab DVR mati total sangatlah sepele, tapi pernah juga DVR mengalami kerusakan yang parah. Untuk itu, diperlukan ketelitian yang sangat tinggi untuk memeriksa sebuah DVR mati, untuk memastikan kerusakan yang dialami oleh DVR tersebut.

Digital Video Recorder atau biasa disingkat DVR merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk tempat menyimpan hasil rekaman CCTV secara terus menerus selama 24 jam. Kapasitas rekam sebuah DVR tergantung dari kapasitas harddisk dan kualitas kamera yang digunakan, semakin bagus kamera cctv yang digunakan, maka semakin cepat pula sebuah hardddisk tersebut penuh, karena dengan menggunakan kamera cctv yang bagus (AHD / HDCVI / HDTVI) kualitas gambar yang disimpan akan semakin tinggi.

sebelum menuju ke cara memeperbaiki DVR mati total, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab sebuah DVR mati, ada beberapa penyebab yang membuat sebuah dvr mati,  berikut ini saya uraikan beberapa penyebab DVR cctv mati.

Penyebab DVR CCTV Mati

Power Supply atau adaptor mati menjadi penyebab yang sering mengakibatkan sebuah DVR mati, hampir 95% kejadian dvr mati, disebabkan karena power supply atau adaptornya yang mati. Adaptor / Powersupply mati bisa dikarenakan faktor pemakaian yang cukup lama, selain itu bisa juga karean koslet / short dengan tegangan listrik dirumah anda.

DVR mati total juga bisa disebabkan oleh short / korslet pada tegangan listrik. Biasanya, jika ada terjadi short / korslet, akan ada bekas komponen pada board DVR yang terbakar. tapi kejadian DVR short ini jarang terjadi karena bila short dari sumber listrik, yang kena terlebih dahulu ialah bagian power supply atau adaptor DVR nya.

Cara Memperbaiki DVR Mati Total

cara memperbaiki dvr yang mati cukup mudah, pertama-tama kamu harus melakukan pengecekan pada power supply atau adaptor  DVR nya, pastikan bahwa adaptor atau power supply tidak mati, biasanya pada adaptor atau psu mempunyai lampu indikator, kamu cukup melihat lampu indikator tersebut, nyala atau tidak ketika ditancapkan ke sumber listrik. Jika memang benar psu / adaptor nya yang mati, kamu tinggal menggantinya dengan yang baru, kamu bisa membelinya toko komputer atau toko elektronik terdekat.

setelah memeriksa bagian adaptor atau psunya, kamu juga harus memeriksa bagian dalam DVR nya, hal yang harus betul-betul kamu perhatikan ialah pada bagian board, periksa apakah ada komponen pada board yang terbakar / ada bekas terbakar. Jika ada, berarti board nya memang short atau korslet. Untuk yang satu ini, tidak ada cara lain selain mengganti DVR tersebut.

itulah sedikit informasi mengenai cara memperbaiki DVR mati total, jika memang kamu merasa ragu-ragu untuk memeriksa kerusakan DVRnya sendiri, kamu bisa membawanya ketempat service CCTV / ketempat jasa pemasangan cctv

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki DVR CCTV Mati Total - Penyebab dan Cara mengatasinya"

Post a Comment