Cara Mudah Mengatasi Tempratur CPU yang Cepat Panas - Dampak Negatif, Ciri-ciri dan Penyebab CPU Overheat

xerangalam.com - Bagi kamu pengguna komputer, pasti pernah mengalami yang namanya overheat / cpu terlalu panas, sebenarnya cpu panas sangat wajar apalagi kalau komputer tersebut sering dipakai kerja berat, misalnya bermain game atau rendering, tapi menjadi tidak wajar kalau cpu komputer mu sangat panas jika komputermu tidak bekerja terlalu berat alias posisi idle.

Tanda yang sangat umum bila sebuah cpu terlalu panas biasanya, kinerjanya menjadi sangat menurun atu biasa dikenal dengan Lemot, kalau sudah terjadi, sudah pasti mengganggu kamu yang sedang menggunakan komputer tersebut.
suhu komputer terlalu panas
Suhu Komputer terlalu panas

untuk ukuran normal, suhu sebuah cpu biasanya kerkisar antara 45 derajat - 54 derajat celcius, jika cpu komputer yang kamu gunakan menyentuh suhu 60 derajat dalam posisi idle, sudah pasti ada yang tidak beres dengan cpu komputermu.

Ciri-ciri CPU panas / overheat

  • Suhu pada saat idle ( tidak sedang menjalankan program yang berat) lebih dari 60 derajat
  • Lemot
  • Mati Sendiri ketika digunakan

ada beberapa penyebab cpu komputer cepat panas kamu bisa mendiagnosa beberapa kemungkinan berikut ini untuk mengatasi tempratur yang berlebih pada CPU komputermu.


Pastikan heatsink fan menekan processor mu 

salah satu penyebab yang umum ialah heatsink fan pada processor kendor, sehingga bracket pendingin tidak menekan pada processor, akibatnya kerja heatsink fan kurang maksimal.

Periksa Pasta Processor

Kejadian yang paling umum bila cpu terlalu panas ialah keringnya pasta processor, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menambahkan pasta processor lagi. Pilihlah pasta yang kualitasnya baik agar tidak cepat mengering.

Perhatikan Putaran Heatsink Fan

untuk hal yang satu ini, kemungkinan besar terjadi karena kipas pendingin sudah mulai uzur, sehingga putaran kipasnya kurang maksimal, cara mengatasinya dengan mengganti kipas tersebut, akan lebih baik jika menggunakan heatsink fan tower

Gunakan Kipas pada cassing

salah satu perangkat yang agak sepele, tapi cukup berpengaruh ialah kipas cassing atau fan cassing. Mungkin beberapa orang menganggap kipas ini kurang berpengaruh pada kondisi Cpu, karena tidak bersentuhan secara langsung dengan processor komputer, tapi memasang fan pada cassing mempunyai dampak yang lumayan berarti pada suhu didalam cassing cpu, saya sudah membuktikannya sendiri hehehe

Overheat pada CPU tidak bisa dianggap sepele, karena jika dibiarkan banyak sekali dampak negatif yang akan terjadi pada komputermu, hal sepele yang terjadi biasanya cpu menjadi lambat, atau sering mati sendiri tanpa sebab, akibat yang lebih fatal lagi bisa merusak komponen komputermu seperti komponen pada mainboard bahkan merusak Processormu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Tempratur CPU yang Cepat Panas - Dampak Negatif, Ciri-ciri dan Penyebab CPU Overheat"

Post a Comment