Cara Memperbaiki Komputer Error Reboot and Select Proper Boot Device Saat Dinyalakan

XeraNgalam - pagi sob, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan bagaimana cara mudah untuk memperbaiki komputer yang muncul pesan error reboot and Select Proper Boot Device ketika dihidupkan. Mungkin kamu pernah mengalami kejadian tidak bisa booting saat komputer / laptopmu dinyalakan, selalu muncul pesan error Reboot and Select proper Boot device or Insert Boot Media in selected Boot device and press a key. Seperti halnya salah satu anggota sebuah grup yang saya masuki.
Pesan error tersebut muncul karena bios tidak bisa mendeteksi sistem operasi yang terinstall pada komputer / laptop yang kamu gunakan, hal itu dapat disebabkan karena media penyimpanan pada komputer atau biasa disebut dengan harddisk tidak terdeteksi oleh BIOS. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus melakukan troubleshooting secara sederhana, cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan yang pasti bisa kamu coba dirumah. Sebelum melakukan troubleshooting, ada baiknya kamu perlu mengetahui penyebab komputer Error Reboot and Select Proper Boot Device pada saat dinayalakan, agar bisa menambah sedikit wawasan mu mengenai troubleshooting komputer.

Penyebab Komputer Error "Reboot and Select Proper Boot Device"

ada beberapa penyebab yang sering mengakibatkan komputer mengalami error Reboot and Select Proper Boot Device. Berikut adalah beberapa penyebab yang sering terjadi.
  • Harddisk Rusak

    Harddisk rusak merupakan penyebab umum yang sering mengakibatkan munculnya pesan error tersbebut ketika komputer dihidupkan. Kalau kondisi harddiskmu sudah tua / sudah bad sector, itu bisa jadi kemungkinan mejadi salah satu penyebab harddisk rusak.
  • Kabel Power dan Data Harddisk Longgar

    penyebab sepele lainnya yang bisa menyebabkan pesan error tersebut muncul karena kabel power / data (SATA) pada harddisk longgar, sehingga harddisk tidak bsa terdeteksi di BIOS.
  • First Boot di BIOS 

    kejadian ini mungkin jarang terjadi, tapi patut menjadi perhatian. Mungkin kamu pernah secara tidak sengaja merubah boot device di BIOS sehingga harddisk yang terinstall OS tidak menjadi first Boot di Bios. Kalau kamu sudah melakukan setting merubah first boot dibios, pastikan kamu sudah menekan tombol F10 untuk menyimpan settingan yang sudah kamu buat tadi.
  • Kabel HDD Error

    Sebenarnya, untuk kerusakan yang satu ini jarang terjadi, tapi ada baiknya kamu juga memeriksa kabel hddnya, baik kabel power maupun kabel datanya (SATA)
Setelah mengetahui beberapa sumber dari error nya, kamu harus melakukan troubleshooting secara sedarhana untuk memastikan penyebab errornya. Berikut langkah-langkah memperbaiki error Reboot and Select Proper Boot Device. cara nya cukup mudah kok, kamu juga bisa mempraktekkannya dirumahmu.

 Cara memperbaiki Error Reboot and Select Proper Boot Device

  • Masuk BIOS, periksa apakah harddisk terdeteksi 
  • Kalau harddisk tidak terdeteksi, coba cek kabel power dan kabel datanya, pastikan tidak longgar saat nancap pada hdd.
  • Coba lepas dan pasangkan lagi kabel power dan kabel sata pada HDD
  • Coba pindah slot pada mainboard
  • Pastikan booting pada BIOS sudah benar, yaitu pada posisi first boot untuk HDD yang telah terinstall OS

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Komputer Error Reboot and Select Proper Boot Device Saat Dinyalakan"

Post a Comment