Saturday, 28 January 2017

Jenis Virus yang Sangat Berbahaya Bagi Komputermu

Tags

xerangalam.com - Jenis Virus yang Sangat Berbahaya Bagi Komputermu. Bukan hanya manusia saja yang bisa terinfeksi virus, perangkat elektronika pun bisa terinveksi virus. eitss virus yang dimaksud tidak sama dengan virus yang menyerang manusia lho, virus pada komputer ini berupa sekumpulan program yang berfungsi untuk merusak file & data yang ada dikomputermu.

tipe virus yang bahaya bagi komputer


Orang menciptakan virus mempunyai maksud dan tujuan tertentu, mulai dari ingin meretas komputermu sampai mendapatkan uang dari menciptakan virus. Penyebaran virus dikomputer biasanya berasal dari internet, terutama bagi kamu yang suka mendownload file-file dari internet misalnya game.

Dari situlah virus menyusup ke komputermu tanpa kamu sadari. Untuk mencegah hal tersebut, kebanyakan orang menggunakan sebuah software bernama antivirus. Software ini berfungsi untuk menghapus file-file yang terinfeksi virus (jika memang file tidak bisa diperbaiki), selain itu, anti virua juga bisa menjadi pengaman bagi komputermu, antivirus otomatis akan memblock atau bahkan menghapus file yang terindikasi virus, sehingga kita tidak bisa mengakses file tersebut.

Banyak sekali tipe dan jenis virus yang beredar di internet, setiap virus mempunyai daya rusak yang bermacam-macam, perlu penanganan yang berbeda pula pada setiap virus.

Malware

Malware merupakan tipe virus yang cukup bahaya menurut saya, karena virus yang bertipe malware ini menginfeksi file yang bereksistensi (.exe), file .exe ini merupakan file untuk menjalankan sebuah aplikasi pada windows. Jika komputermu sudah terserang malware, maka semua software yang terpasang di komputermu akan ikut rusak, tidak hanya itu , file file .exe yang tersimpan dikomputermu juga akan ikut rusak meskipun beda partisi. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus install ulang komputermu dengab catatan induk malwarenya berada di partisi C, jika induk malware bukan berada dipartisi C, saya menyarankan untuk memformat total harddiskmu, karena kalau induk malware berada di partisi lain, meskipun diinstall ulang 10 kali akan tetap terinfeksi lagi.

Trojan

Virus lain yang cukup berbahaya ialah trojan, sama dengan malware, trojan juga menginfeksi file bereksistensi .exe, selain metusak file .exe dampak lain dari virus ini yaitu memperlambat komputer maupun koneksi internet. Komputer yang terserang virus ini akan terasa lambat ketika digunakan, selain itu, saat digunakan untuk akses internet pun akan terasa lambat, untuk mengatasi hal itu, cukup melakukan scan menggunakan antivirus, dan menghapus file-file yang terinfeksi, kalau memang tidak bisa, coba lakukan install ulang.

Ransomware

Virus tipe ransomware terbilang tipe virus baru, virus ini diciptakan oleh seseorang untuk mendapatkan uang dari korbannya, berbeda dengan 2 virus diatas, ransomeware hanya merusak file-file dokumen (word, excel dll) caranya yaitu dengan mengenkripsi semua file-file nya sehingga tidak bisa dibuka, hanya si pembuat virus lah yang bisa mendekripsi file-file tersebut. Itulah yang digunakan si pembuat virus untuk mendapatkan uang dari korbannya bila data mereka ingin dikembalikan, untuk menebus data yang telah dienkripsi tidaklah murah, biasanya dana yang dibutuhkan sekitar 1-2 BTC atau sekitar 5-6juta (1btc = $450 - $500)

Virus shortcut

Virus ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya untuk komputer, karena virus ini tidak bersifat merusak file yang terinfeksi, hanya menyembunyikan file asli nya saja, file yang disembunyikan biasanya file yang ada di flasdisk maupun hdd eksternal. Tapi, kalau komputer kita terserang virus ini cukup merepotkan juga, karena file-file kita akan disembunyikan dan harus menscan untuk mengembalikan file nya, tentu itu membutuhkan waktu yang cukup lama bukan.

Itulah beberapa tipe virus yang berbahaya bagi komputermu, untuk terhindar dari serangan virus, ada baiknya kamu berhati-hati saat mendownload file dari internet, scan dahulu sebelum menginstall aplikasi dikomputermu.


EmoticonEmoticon