Penyebab dan Cara Memperbaiki Komputer Bluescreen saat Digunakan

xerangalam.com - Penyebab dan Cara Memperbaiki Komputer Bluescreen saat Digunakan. Salah satu kerusakan yang sering dialami sebuah komputer biasanya adalah bluescreen. Bluescreen ialah, keadaan dimana komputer menampilkan beberapa pesan error disertai background biru. Biasanya pesan error pada tampilan berbeda-beda sesuai dengan hardware / software yang error. banyak hal yang bisa menyebabkan sebuah komputer error, bisa karena software hardware ataupun driver sebuah pheriperal.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Komputer Bluescreen saat Digunakan

bluescreen biasanya wajar terjadi pada sebuah komputer bila ada sebuah driver yang tidak cocok dengan hardware yang terpasang di komputer. Tapi bisa juga bluescreen menjadi sebuah indikator bahwa hardware komputer mu ada yang mengalami kerusakan. RAM error biasanya yang paling sering menyebabkan bluescreen pada komputer. Selain RAM, ada beberapa faktor penyebab komputer bluescreen lainnya.

1. Sistem Operasi Error
Selain karena hardware, komputer bluescreen juga bisa disebabkan karena software / sistem operasi. Sistem operasi merupakan sebuah program yang berfungsi sebagai penghubung antara pengguna dan hardware komputer. Penyebab error pada sistem operasi biasanya menjurus ke file-file yang corupt sehingga windows tidak bisa membaca file-file yang corupt tersebut. Solusi unutk masalah ini ialah dengan melakukan install ulang pada komputer kamu


2. Driver tidak kompatibel dengan hardware
selain faktor sistem operasi, faktor lain yang bisa menyebabkan komputer bluescreen karena ada driver yang tersinstal dikomputer tidak kompatibel dengan suatu hardware. Hal ini kemungkinan terjadi karena adanya pergantian pada hardware komponen mu, misal mengganti mainboard baru tanpa melakukan install ulang,  pada kasus tersebut, tentu saja komputer langsung bluescreen ketika dinyalakan, karena driver yang ada pada harddisk tidak kompatibel dengan mainboard baru. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya anda melakukan install ulang saat ada hardware komputer yang baru anda ganti.

Baca Juga : Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Laptop Bekas

3. RAM Error
Selain karena software, bluesccreen juga bisa disebabkan karena hardware, salah satunya RAM. Persentase bluescreen yang disebabkan memori yang error cukup tinggi, oleh sebab itu banyak orang yang langsung memeriksa memori komputer ketika terjadi bluescreen. Untuk yang satu ini, ada cara sederhana yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan menggosok pin memori menggunakan penghapus, biasanya ada debu-debu halus yang menempel pada pin memori sehingga mengganggu kinerja memori. Kalau cara itu telah anda pakai, tapi tidak berhasil, jaln satu-satunya dengan mengganti memori tersebut.

4. VGA Card Rusak.
VGA card yang error bisa juga menyebabkan komputer menjadi bluescreen. Kejadian tersebut pernah saya alami baru-baru ini. Tanda-tanda VGA yang rusak biasanya, tampilan berubah ketika digunakan, rata-rata vga yang rusak, tampilannya akan berubah (artefak) dan bila dipaksa digunakan, akan terjadi bluescreen.

5. Harddisk Corrupt.
Harddisk corrupt bisa menjadi salah satu penyebab komputer sering bluescreen. Tanda-tanda bluescreen yang diakibatkan karena harddisk corrupt yaitu komputer tiba-tiba hang atau macet saat digunakan, baik digunakan untuk pekerjaan berat atau hanya sekedar untuk membuka partisi harddisk (localdisk) dimy computer.

Baca Juga : Tips Menjaga Performa Komputer atau Laptop Agar Tidak Lemot

6. Power Supply Drop
Fungsi power supply bagi komputer sangat vital, karena komponen inilah yang mengubah arus AC menjadi arus DC dan membagi sumber daya kekomponen komputer lain. Karena fungsi power supply yang penting, jika ada kerusakan yang terjadi pada power supply bisa berakibat fatal bagi komponen lainnya. perangkat komputer bisa mengalami short (kongslet) satu per satu. Salah satu tanda power supply drop yaitu komputer sering mengalami bluescreen ketika digunakan.

itulah 6 penyebab komputer bluescreen, sebenarnya Penyebab komputer sering bluescreen masih ada selain yang saya sebutkan diatas, untuk itu, bila kamu kurang paham menegani dunia komputer, ada baiknya kamu membawanya ke tempat service komputer agar bisa solved dan tidak terjadi kerusakan lagi, semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab dan Cara Memperbaiki Komputer Bluescreen saat Digunakan"

Post a Comment