Cara Jitu Riset Keywords Menggunakan WordZe

xerangalam.com – Cara Jitu Riset Keywords Menggunakan Tool WordZe.  Sebelum membahas tentang cara riset keyword menggunakan WordZe, ada baiknya kita mengetahui apa itu keywords ? mungkin banyak blogger pemula yang masih belum paham apa itu keywords

Pengertian dan Fungsi Keywords.

Keywords (Kata Kunci) adalah sebuah kata atau kumpulan beberapa kata yang digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi yang diinginkan dimesin pencari (search engine). Fungsi utama dari keyword adalah untuk mempermudah pengguna internet untuk mendapatkan materi yang sedang dicari, misalnya anda ingin mencari sebuah puisi, anda kemudian membuka mesin pncari google, dan mengetikkan kata “Puisi Tentang Kemerdekaan”, otomatis google akan menampilkan semua situs yang memuat puisi-puisi terutama puisi tentang kemerdekaan,  kata “Puisi” ataupun “Puisi tentang kemerdekaan” merupakan salah satu jenis keywords.
terdapat 2 jenis keywords, yaitu shorttail keywords dan longtail keywords
ShortTail Keywords yaitu kata kunci yang terdiri dari satu sampai 3 kata saja misal game, game android, game android terbaru dsb
LongTail Keywords yaitu kata kunci yang terdiri lebih dari 3 kata (Versi turunan dari shorttail keywords), misalkan game balap mobil android terbaru 2016 dll.

Kenapa Harus Riset Keyword ?

Banyak blogger mungkin bertanya-tanya, seberapa pentingkah Riset Keywords ? jika sobat bertanya seperti itu, mungkin jawabannya adalah sangat penting, kenapa riset keyword sangat penting bagi blog yang sedang anda kembangkan, karena dengan melakukan riset keyword sobat bisa mengetahui seberapa besar pencarian sebuah keywords pada konten yang akan anda tulis pada blog anda, perjuangan anda dalam menulis artikel akan sia-sia bila sobat tidak memperhatikan tahap yang satu ini, karena, meskipun blog anda berada dipage one mesin pencari google, tapi keyword yang anda bidik hanya memiliki hasil pencarian dibawah 100 / bulan, tentu sangat sedikit bukan? tidak heran kalau blog sobat sampai saat ini masih sepi pengunjungnya


Apa saja yang diperlukan untuk Riset Keywords ?

Setelah mengetahui betapa pentingnya melakukan riset keywords, tahap selanjutnya adalah menentukan tools apa saja yang dperlukan untuk riset keywords. Kebanyakan blogger menggunakan google keyword planner untuk melakukan riset Keyword, dengan menggunakan google planner, sobat bisa mengetahui tingkat pencarian dan persaingan keywords cukup akurat, tapi sekitar 1 bulan yang lalu, tampilan google keyword planner berubah, yang semula bisa menampilkan tingkat pencarian menggunakan data berupa angka, saat ini planner hanya menggunakan range saja. Hal itu sudah dikonfirmasi melalui fans page google adwords, lalu apa pengganti google planner ? tenang saja sob, dua hari yang lalu saya menemukan sebuah webtool yang bisa digunakan untuk meriset keyword. Tool ini tidak jauh berbeda dengan google planner, dalam tool ini kita bisa menetahui tingak penelusuran dan tingkat persaingan dari setiap keyword yang akan kita gunakan. Tool tersebut bernama WordZe.

Kelebihan Menggunakan Tools WordZe

tool wordze tidak kalah dengan tool untuk riset keywords lainnya semisal google planner, karena dalam tools ini, kita bisa meriset shorttail dan longtail keywords dengan mudah, tidak hanya itu kita juga bisa melihat grafik pencarian suatu keywords tiap bulan dan kita juga bisa melihat web kompetitor suatu keywords (premium tools) dan masih banyak kelebihan lainnya.


Cara Riset Keyword Untuk Pemula

Bagi pemula, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan riset keyword tapi yang terpenting adalah melakukan riset keyword dengan hasil pencarian yang menengah kebawah dan tingak persaingan yang rendah, hal itu bertujuan karena blog yang akan anda kembangkan adalah blog baru yang belum dikenal  oleh google (belum memiliki PA dan DA) sehingga, jika anda mengambil keyword yang tingkat pencariannya tinggi serta persainggan yang tinggi, blog anda akan kalah saing dalam SERP, bisa juga menyebabkan blog anda jauh dari pageone google. Berikut ini cara Riset Keywords menggunakan Tool WordZe.
  • Pertama buka dulu situs WordZe, untuk menggunakan tools ini, sobat perlu registrasi terlebih dahulu.
  • setelah registrasi, anda akan disuruh untuk membuka email untuk melakukan konfirmasi akun, setelah itu anda akan diberi password untuk login ke dashboard wordze.

  • Untuk melakukan riset keyword, caranya cukup mudah, anda bisa memilih menu ultimate risearch atau longtail keywords.
  • jika menggunakan ultimate risearch, anda hanya bisa melakukan pencarian keywords secara shorttail (keyword yang hanya mempunyai 1-5 kata saja), cara riset keywordnya seperti tampilan dibawah ini.

  • hasil pencariannya seperti gambar dibawah ini

  • bila sudah didapatkan shorttail keywords yang akan dianalisis, selanjutnya anda bisa memilih longtail keywords untuk mendapatkan keywords longtailnya.

  • Caranya sangat mudah, anda tinggal memasukkan keyword longtail yang akan anda analisis, dan memilih database mesin pencari sesuai negara yang menjadi target si keyword, disini saya memilih keywords spesifikasi xiaomi redmi 3 pro dan  database google indonesia dengan bahasa indonesia. lalu pilih “Get Keywords Ideas“, tunggu sampai semua hasilnya keluar.

  • Setelah muncul, anda tinggal memilih keywords mana yang akan anda jadikan sebuah artikel di blog anda berdasarkan hasil analisis yang telah anda lakukan.
  • Anda juga bisa melihat hasil penelusuran bulanan menggunakan grafik
Itulah Cara Jitu riset Keywords menggunakan WordZe, semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Jitu Riset Keywords Menggunakan WordZe"

  1. ngga ada email masuk gan pas udah daftar tuhh

    ReplyDelete