Monday, 22 August 2016

Penyebab dan Cara Mengatasi Proyektor Bintik-Bintik

Penyebab dan Cara Mengatasi Proyektor Bintik-Bintik | Proyektor merupakan salah satu barang elektronik yang sering kita lihat pada saat ini, fungsi utama alat ini adalah untuk menampilkan gambar atau video dari komputer atau laptop pada sebuah bidang yang datar atau layar seperti tembok. Gambar yang ditampilkan pada proyektor sama seperti yang ada pada komputer anda, namun lebih diperbesar. Biasanya LCD  Proyektor inisering digunakan untuk presentasi, baik di dunia pendidikan maupun di dunia bisnis. Selain itu, kegiatan yang cukup sering menggunakan LCD proyektor ini adalah untuk nonton misalnya nonton film, nonton pertandingan sepak bola dll. Mungkin anda akan merasa terganggu bila anda sedang menggunakan proyektor, namun proyektor tersebut tidak bisa menampilkan gambar yang maksimal atau muncul bintik-bintik pada layar.Mungkin anda akan berpikir jika bintik-bintik tersebut berasal dari komputer yang anda gunakan atau karena lensa LCD proyektor anda kotor, tapi dugaan anda salah. Jika pada saat menggunakan LCD Proyektor muncul bintik-bintik, bisa dipastikan LCD proyektor anda yang bermasalah.

Bintik-bintik tersebut biasanya berasal dari sebuah komponen yang terdapat di dalam proyektor, komponen tersebut bernama DMD.
 DMD merupakan salah satu komponen vital pada LCD proyektor, karena komponen ini bertugas untuk menampilkan gambar yang telah dikirm dari komputer untuk selanjutnya akan di pantulkan ke layar atau  tembok oleh lampu proyektor.


DMD terletak diantara  belakang lensa dan terhimpit oleh bricket pendingin. Biasanya, DMD mengalami bintik-bintik diakibatkan karena DMD terlalu panas dan bisa juga karena faktor usia DMD tersebut,Kerusakan pada DMD yang disebabkan oleh panas biasanya terjadi karena kipas keong pada DMD tidak bisa bekerja secara maksimal karena terhalang oleh debu atau posisi kipas keong yang lepas dari tempatnya atau bisa juga diakibatkan karena pasta yang sudah mengering. Sama halnya dengan processor pada komputer, fungsi pasta pada DMD untuk menghantarkan suhu panas dari DMD menuju ke bricket lalu akan dihantarkan ke luar proyektor oleh kipas. Lepasnya kipas keong bisa disebabkan karena adanya benturan yang terjadi pada LCD Proyektor tersebut. Untuk mengatasi bintik-bintik tersebut, biasanya tidak ada cara lain lagi selain mengganti komponen DMD tersebut dengan yang baru atau bekas. Harga DMD saat ini cukup mahal yaitu berkisar antara 800 ribu - 1.8 juta di malang

10 komentar

artikel yg detail memberikan informasi..

wah ni ilmu baru bagi saya.. thx

Wah itu cara ngatasinnya, ane prnah ngalamin jg

kalo bintik-bintik harus diganti DMD nya,

Ijin bookmark gan, berguna banger :D

Disekolah ane ngalamin gan, kalo pas kambuh kayak bakteri hahaha

josh... yang kayak gini sering ganggu waktu mau presentasi, pptnya jadi gak sip kelihatannya


EmoticonEmoticon