Mengatasi Laptop Overheat

Mengatasi Laptop Overheat | pagi sob, pada kesempatan kali ini andmin menshare tips mengatasi laptop yang overheat. Mungkin sobat sering merasa kesal, ketika sedang asyik bermain game, tiba-tiba laptop sobat mati dengan sendiri nya, hal itu terjadi karena laptop soba terlalu panas atau biasa disebut overheat. Sebenarnya overheat biasa terjadi karena penggunaan laptop yang terlalu berat dan lama, karena kemampuan kipas laptop berbeda dengan kipas PC. Bagi laptop sobat yang sering mengalami overheat, sebaiknya sobat berhati-hati, karena dampak overheat sangat berbahaya bagi laptop sobat, selain dapat memperpendek umur processor laptop sobat, juga dapat membuat komponen yang menempel di mainboradnya meleh. Untuk itu ada baiknya sobat menyimak beberapa tips du bawah agar laptop sobat terhindar dari overheat.




1. Jangan Gunakan Laptop Terlalu Lama dan Terlalu Berat
mungkin banyak dari sobatsering menggunakan laptop terlalu lama, entah digunakan untuk bermain game atau aktivitas yang lain, padahal hal tersebut dapa menyebabkan laptop sobat mengalami overheat.Selain karena pemakaian yang terlalu lama, overheat juga dapa disebabkan karena pemakaian yang terlalu berat atau tidak sesuay dengan spesifikasi laptop tersebut. Hal itu karena pada saat pemakaian yang terlalu berat, komponen bagian dalam laptop dipaksa untuk kerja keras melebihi kapasitasnya, sehinga menyebabkan komponen-komponen tersebut menjadi cepat panas. Solusi dari kedua masalah diatas, jangan gunakan laptop melebihi kapasitas nya, jika sobat ingin bermain game, sesuaikan dengan spesifikasi laptop sobat dan jangan terlalu lama bermain laptop, gunakan laptop sewajarnya saja, yaitu 2-3 jam, setelah itu istirahatan laptop.



2. Bersihkan Bagian dalam Laptop sesering mungkin
selain pemakaian penyebab overheat juga dapat terjadi karena sirkulasi ydara yang buruk di bagian dalam laptop. Sirkulasi udara yang buruk dapatterjadi karena bagian dalam laptop yang kotor akibat debu-debu yang menempel, terutama dibagian pembuangan udara. Debu-debu tersebutdapa menghambat keluarnya udara panas dari dalam laptop, sehingga laptop menjadi cepat panas. selain karena debu, bisa jugadisebabkan karena pasta processor yang sudah mulai mengering. Untuk mengatasi hal tersebut, sobat bisa membersihkan bagian dalam laptop, terutama bagian pembayngan angin nya sesering mungkin, dan cek pasta processor laptop sobat.



3. Gunakan CoolingPad
Jika sobat termasuk orang yang suka memakai laptop selama berjam-jam,maka sobat harus mempertimbangkan hardware yang satu ini. Coolingpad merupakan kipas tambahan yang berfungsi untuk membantu mendinginkan laptop sobat, biasanya alat ini dipasang di bagian bawah laptop. dengan menggunakan coolingpad, setidaknya dapat membantu kinerja dari kipas utama laptop, dan dapat membantu menurunkan suhu laptop sobat. Harga coolingpad berkisar antara Rp. 30.000 - Rp. 50.000. Harga tersebut cukup murah apabila melihat dalpak yang ditimbulkan oleh overheat



Nah itu lah beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengatasi laptop yang overheat

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Mengatasi Laptop Overheat"

  1. info bermanfaat gan , , tapi apa bluescreen juga sama penyebabnya , ??

    angelobrand98.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Kalo bluescreen beda lagi om penyebabnya. Thanks atas kunjungannya

    ReplyDelete
  3. kang, kalau kipas cpu brisik pas BOOTING solasinya apa :v

    ReplyDelete