Harddisk Tidak Bisa Dipartisi Saat Instalasi OS

Harddisk Tidak Bisa Dipartisi Saat Instalasi OS | Selamat malam sob, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang masalah harddisk yang tidak bisa di partisi saat instalasi OS. Mungkin sobat pernah mengalami kesulitan saat melakukan instalasi OS di PC atau laptop. Kesulitan yang paling sering dialami biasanya, pada saat bagian partisi harddisk dimana, pada saat melakukan partisi harddisk, selalu gagal atau tidak bisa dipartisi. Hal ini tentu saja sangat menyebalkan. Hal itu dikarenakan beberapa faktor, jika harddisk sobat masih dalam sehat, kemungkinan besar kegagalan tersebut disebabkan oleh CD installer OS yang sobat gunakan. Berikut ini faktor yang menyebabkan Kegagalan Partisi Harddisk Saat Instalasi OS



1. CD installer OS Corupt
Hal yang satu ini sangat sering kali terjadi saat instalasi OS menggunakan sebuah DVD dikarenakan banyaknya goresan pada bagian bawah DVD sehingga menyebabkan beberapa file yang tersimpan dalam  DVD menjadi hilang atau Corupt terutama file driver yang berguna untuk membaca Harddisk PC atau Laptop sobat. Solusi untuk masalah ini, sobat dapat menggunakan DVD installer OSmenggunakan DVD lainnya atau bisa juga menggunakan Flashdisk sebagai media Installer OSnya.

2. Harddisk Bad Sector
Harddisk merupakan salah satu komponen paling penting dalam sebuah PC atau Laptop, karena itu harddisk mempunyai andil besar yang mempengaruhi kinerja suatu laptop atau PC. Kerusakan yang sering dialami oleh harddisk yaitu bad sector. Selain mengganggu kinerja PC atau Laptop, bad sector juga dapat menyebabkan kegagalan saat melakukan partisi harddisk, hal ini dikarenakan adanya bagian tertentu dalam piringan harddisk yang mengalami kerusakan, sehingga menyebabkan harddisk tidak bisa dipartisi. Namun untuk memastikan hal ini, sobat dapat mengetahuinya pada saat sebelum melakukan instalasi. Sobat dapat merasakan, apakah kinerja PC atau Laptop sobat mengalami penurunan kinerja saat digunakan.

3. Harddisk Berformat GPT
GUID Partition Table atau disingkat GPT merupakan teknologi pemetaan terbaru dalam sebuah harddisk,
GPT sebenarnya sudah lama dikembangkan, namun baru diterapkan untuk laptop-laptop keluaran terbaru. Harddisk GPT mempunyai banyak sekali kelebihan salah satunya, GPT dapat dipartisi sebanyak 128 partisi primary. Namun di balik kelebihannya, harddisk yang berformat GPT juga mempunyai kekurangan diantaranya, hanya suport di beberapa OS saja misal di Windows 8 32bit dan di Windows XP 64bit. Jika sobat gagal saat pada bagian instalasi Windows 7, bisa jadi dikarenakan Harddisk PC atau Laptop Sobat berformat GPT. Untuk mengatasi hal ini, coba ganti OS menjadi Windows8 atau sobat dapat merubah format harddisk tersebut menyadi MBR, dengan resiko semua data yang ada di harddisk tersebut akan hilang jika tidak dibackup.



Nah, itulah sob beberapa penyebab harddisk tidak bisa dipartisi saat unstalasi OS. Semoga Bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Harddisk Tidak Bisa Dipartisi Saat Instalasi OS "

  1. Wah sangat bermanfaat sekali buat saya pribadi, saya yakin artikel ini juga bermanfaat banyak terhadap pembaca lainnya seperti yang saya alami.
    Terimakasih bos atas infonya, sukses selalu ..!!
    Salam hangat dari admin BelajarSearchEngine

    ReplyDelete