Tuesday, 2 December 2014

Penyebab Chipset Mengalami Kerusakan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Chipset Mengalami Kerusakan Dan Cara Mengatasinya | Sore Sob, setelah 1 hari admin tidak posting, kali ini admin akan menshare Penyebab Chipset Mengalami Kerusakan Dan Cara Mengatasinya. Chipset merupakan salah satu komponen yang sangat vital dalam mainboard. Sebenarnya, kerusakan pada chipset jarang sekali terjadi, karena chipset merupakan salah satu komponen yang cukup kuat. Namun, sekuat kuatnya suatu komponen pasti bakal mengalami kerusakan dikarenakan bukan hanya dari umur komponen yang sudah mulai menua tapi juga karena perilaku para pengguna yang terlalu kasar dalam menggunakan laptop atau PC. Kerusakan chipset biasanya berupa  mati total alias MATOT dan sering terjadi pada sebuah laptop, sedangkan PC jarang sekali mengalami hal tersebut. Hal itu karena PC mempunyai sirkulasi udara yang baik, sehingga udara panas dapat keluar dengan mudah, sedangkan laptop hanya mempunyai satu tempat untuk sirkulasi udara yaitu pada bagian Fan atau kipasnya.

 Kerusakan Chipset biasanya terjadi akibat chipset terlalu panas sehingga menyebabkan pin pada kaki chipset terputus. Sebenarnya, Yang menghubungkan antara Chipset dan Mainboard adalah pin yang terbuat dari timah, tentu sobat telah tau bagaimana karakteristik timah, timah akan mencair jika terkena panas, itulah sebabnya kerusakan chipset sering terjadi di Laptop yang sering mengalami panas. Karena jika keadaan laptop panas, chipset juga ikut panas, timah yang berfungsi untuk menjadi penghubung antara chipset dan mainboard juga ikut panas dan akhirnya terputus. Solusi untuk masalah ini yaitu dengan cara me rebald chipset tersebut. Rebald?? mungkin sobat asing dengan kata-kata ini, Rebald adalah proses pembuatan pin atau rumah baru pada chipset agar dapat terhubung dengan mainboard, proses ini menggunakan sebuah cetakan sesuai dengan bentuk dan jumlah pin chpset yang rusak.


Setelah itu, tinggal melapisi dengan timah cair, sebagai penghubung antara chipset dan mainboard.
Nah, itulah beberapa penjelasan dan penyebab chipset rusak, serta cara mengatasinya. Sebenarnya kerusakan chipset dapa sobat hindari dengan menggunaka kipas atau coolingpad sebagai tambahan kipas utama untuk menurunkan suhu Laptop sobat, dan yang tak kalah oenting yaitu jangan gunakan laptop terus menerus, maksimal 4 jam, agar laptop tidak terlalu panas.

2 komentar

Sob,,, Mau numpang nanya nich,,,
Laptop saya itu og mati pletes ya sob,,, bisa di cas tapi yang sebelah powwrnya gak bisa di nyalakan,,!
Terimakasih

Sob,,, Mau numpang nanya nich,,,
Laptop saya itu og mati pletes ya sob,,, bisa di cas tapi yang sebelah powwrnya gak bisa di nyalakan,,!
Terimakasih


EmoticonEmoticon