Saturday, 22 November 2014

Tips Merawat Harddisk

Tags

Halo sob, kali ini Admin akan berbagi tips Cara Merawat Harddisk agar tidak lemot. Harddisk merupakan salah satu hardware yang vital dalam PC atau Laptop, oleh karena itu, jika harddisk kita mengalami kerusakan atau Bad Sector pasti sangat terasa efeknya pada PC atau Laptop sobat, efek efek tersebut antara lain PC atau Laptop Menjad Lemot, sering Lag, Sering Crash, susah Di Instal dan Lain-lain, yang akan berakhir pada kerusakan harddisk. Untuk Itu Admin akan membagikan tips merawat harddisk yang pastinya dapat sobat terapkan dirumah. Mencegah lebih baik dari pada memperbaiki, bener gak sob???



1. Lakukan Defragment secara berkala. Mungkin sobat jarang melakukan hal ini, padahal mendefrag harddisk merupakan hal penting untuk menjaga harddisk dari bad sector. Defragment yaitu proses menata ulang file-file yang ada dalam harddisk sehingga komputer dapat dengan cepat untuk mencari file yang sedang kita cari. Dengan mendefrag harddisk secara teratur, berarti kita juga dapat merawat harddisk, karena harddisk tidak bekerja terlalu berat dalam melakukan pencarian file-file yang sedang kita butuhkan, dan dapat menghindarkan dari terjadinya Bad Sector

2. Jangan terlalu sering Mematikan PC atau Laptop secara Langsung. Mungkin sobat semua sering melakukan hal ini dirumah, jika PC atau Laptop kita sering Hang , hal tercepat yang dilakukan yaitu mematikan PC atau Laptop dengan menekan tombol power secara langsung, padahal hal ini dapat mempercepat harddisk menjadi rusak. Pasalnya jika PC atau Laptop yang sedang bekerja tiba-tiba dimatikan, maka harddisk nya pun akan ikut mati. Harddisk yang sedang bekerja untuk memproses suatu data diberhentikan dengan paksa sehingga hal tersebut dapat membuat kacau data-data yang ada di harddisk tersebut. Jika hal itu terus diakukan maka lama kelamaan harddisk akan susah membaca data yang tersimpan didalamnya, sehingga dapat menyebabkan harddisk bad sector. Jadi jika ingin harddisk anda Aman, jangan sering-sering mematikan PC atau laptop secara paksa.

3. Jangan sering Instal Ulang PC atau Laptop. Instal Ulang, mungkin hal ini sering dilakukan jika PC atau Laptop sobat mulai melambat atau dikatan lemot, mungkin sobat berpikiran bahwa dengan menginstal ulang PC atau Laptop dapat mengembalikan performa PC atau Laptop  Sobat, tapi jangan salah sob, bukan berarti dengan menginstal ulang pc atau laptop kita dapat mengembalikan kondisi pc atau laptop kita seperti semula, justru dengan kita terlalu sering menginstal ulang PC atau laptop akan memperpendek usia Pc atau laptop kita, karena pada saat kita instal ulang akan terjadi penghapusan data besar besaran kemudian kita isi kembali, jika hal tersebut kita lakukan secara terus menerus makan dapat membuat harddisk kita rusak. Harddisk ibarat kertas, jika kita terlalu sering menghapus dan mengisi tulisan di kertas tersebut, lama lama kertas tersebut akan bolong, prinsip harddisk juga seperti itu.

4. Jangan terlalu sering Menonton Film di PC atau Laptop. Menonton film merupakan kegiatan yang paling sobat sukai, bahkan ada yang sampai berjam jam menonton film di laptop atau PC sobat, tanpa sobat sadari hal tersebut juga dapat memperpendek umur harddisk sobat, karena pada saat kita menonton film, harddisk akan terus berputar membaca data data, sehingga jika hal itu sobat lakukan secara terus menerus bahkan sampai berjam-jam maka bisa dipastikan bahwa umur harddisk sobat tidak akan lama lagi.

itulah sob beberapa tips Cara Merawat Harddisk yang pastinya dapat sobat terapkan dirumah agar harddisk sobat dapat berumur panjang

8 komentar

Kalau untuk maen game apakah bisa juga memperpendek umur harddisk?

Bisa gan,,,, sama halnya dengan nonton film, ketika main game harddisk akan berputar terus menerus,,,

Artikelnya bagus gan, tapi gimana yah cara defragment untuk windows 8?

cari di search ,,win 8 gan,,, kalo gk ada coba pake software disk defragment

hardisk ini udah ibarat jantung ane... semua hal berharga ada disitu... trus kalo udah apes apa file hdd bisa di amankan?

,,selama masih bisa di buka,,, masih bisa gan,,,, kalo file nya ada di pc trus gk mau booting,, coba copot hdd nya,, trus buka di pc lain

Keren Infonya thx
Please visit : http://siperban.blogspot.com/


EmoticonEmoticon