Sunday, 30 November 2014

Tanda-Tanda Harddisk Mengalami Bad Sector

Tags

Tanda-Tanda Harddisk Mengalami Bad Sector| Pagi sob, pada kesempatan kali ini admin akan menshare beberapa tanda harddisk yang mengalami bad sector. Bad sector merupakan kerusakan yang paling sering terjadi pada harddisk. Bad sector adalah kerusakan pada bagian tertentu dalam piringan sebuah harddisk sehingga menyebabkan harddisk kurang optimal dalam memproses suatu data atau program, jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, bad sector pada harddisk dapat menyebar ke area lainnya dan akan memperparah keadaan harddisk tersebut. Sebenarnya penyebab bad sector banyak sekali, namun yang paling sering disebabkan karena perilaku pengguna laptop atau PC tersebut, misal mematikan Laptop atau PC tidak sesuai prosedur, terlalu sering digunakan untuk bermain game dan lain lain. Efek bad sector tidak langsung terasa oleh para pengguna, sehingga para pengguna baru sadar jika harddisknya terkena bad sector setelah beberapa hari kemudian. Oleh karena itu, pada kesempatan admin akan membagikan artikel tentang tanda tanda harddisk bad sector akan sobat dapat mengetahui apakah harddisk apakah harddisk sobat terkena bad sector, agar sobat bisa mendeteksi hal tersebut sejak dini sehingga tidak menyebabkan harddisk sobat semakin parah bad sectornya. Berikut ciri ciri harddisk yang terkena bad sector.
 

1. Performa PC atau Laptop Menurun. Hal yang satu ini mungkin, sering sobat alami, namun sering kali sobat anggap sepele, padahal hal itu bisa saja merupakan tanda dari harddisk yang mengalami bad sector. Penurunan performa ini biasanya berupa PC atau Laptop yang lemot, bahkan sering hang. Jika hal ini sering dibiarkan, lama-lama bisa menyebabkan bad sector sobat menjadi menyebar dan semakin parah.



2. OS Sering Corupt. Jika sobat sering mengalami kejadian "BOOTMGR is missing" pada saat booting, biisa jadi itu sebuah tanda kalau harddisk mengalami bad sector.  Harddisk yang sudah mengalami bad sector biasanya tidak mampu menyimpan file system operasi, oleh karena itu, setiap sobat akan melakukan booting, pasti tidak bisa karena file OS ada yang hilang atau corupt.


3. Tidak Bisa dipartisi saat Instalasi OS. Mungkin sobat sering mengalami kesulitan saat melakukan partisi harddisk pada saat instal ulang. Hal itu wajar terjadi jika harddisk sobat mengalami kerusakan atau bad sector, karena mungkin bagian yang sudah bad ikut terpartisi sehingga OS tidak bisa meletakkan file systemnya dalam bagian harddisk yang bad sector. Namun, Harddisk tidak bisa di partisi bukan hanya karena bad sector, tapi juga ada penyebab lainnya seperti DVD yang terlalu banyak goresan, dan Format Harddisk GPT. Untuk kasus Harddisk berformat GPT, sobat dapat mengkonvertnya terlebih dahulu menjadi format MBR, karena beberapa os tidak dapat membaca harddisk yang mempunyai format GPT



4. Sering Bluescreen saat di instal. sama halnya dengan poin ke 2 dan ke 3, jika harddisk telah mengalami bad sector, pasti kinerja OS yang sering mengalami gangguan. Pada kasus yang satu ini, harddisk tidak bisa membaca file yang telah di copy kan kedalam harddisk tersebut sewaktu di instal ulang, karena OS gagal membaca harddisk, maka terjadilah bluescreen.



Nah itulah sob beberapa tanda jika harddisk mengalami bad sector. Sebenarnya bad sector dapat dihindari jika sobat tau cara merawat harddisk, untuk itu ada baiknya sobat membaca artikel admin tentang Tips Merawat Harddisk

9 komentar

Kalo hardisknya udah terlanjur kena bbrpa tnda diatas gmn cara bnerinnya gan?
thx, good post, followed #23 ditunggu visit baliknya gan
http://codenamemonstaa00.blogspot.com/

keren tutorialnya
koment balik ya http://www.tipsdiet354.com/

Kalo masih belum terlalu parah coba pake HDD Regenerator gan, kalo dah parah, ya ganti baru. Thanks atas kunjungannya

Siap gan, thanks atas kunjungannya

Terima kasih gan. Thanks atas kunjungannya

kebetulan gan hdd ane lgi error, thanks :D

artikel yang menarik gan. terima kasih atas infonya.


EmoticonEmoticon