Sunday, 23 November 2014

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Laptop Bekas

Tags

Siang Sob, admin kembali lagi nih, kali ini admin akan berbagi tips tentang Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Laptop Bekas. Pada zaman yang sudah modern seperti saat ini, mungkin sudah banyak para remaja yang mempunyai laptop. Mereka menilai Laptop merupakan alat yang lebih praktis dari pada komputer, selain itu mereka memilih laptop juga karena mempunya desain yang lebih elegan dan terkesan mewah. Tapi tidak semua orang mempunyai uang yang lebih untuk membeli laptop baru, sehingga banyak orang yang memilih laptop bekas, sebanding dengan hal tersebut, kini semakin banyak pula para penjual laptop bekas. Meskipun laptop bekas, namun beberapa dari penjual pun banyak menjual; laptop yang kualitasnya sudah dibawah standar. Untuk itu kita sebagai konsumen harus sangat cermat ketika akan membeli Laptop bekas agar kita tidak tertipu, Harga yang kita keluarkan berbanding terbalik dengan kualitas yang kita dapatkan. Berikut Tips bagi sobat yang ingin membeli laptop bekas.

1. Perhatikan Kualitas Fisik Laptop. Fisik atau body laptop cukup berpengaruh terhadap kualitas laptop, jika fisik atau body laptop tersebut masih mulus itu berarti laptop belum pernah jatuh atau terbentur benda keras, beda hal nya jika body laptop yang mempunyai banyak goresan atau bahkan ada bagian yang pecah, itu tandanya laptop pernah berbenturan dengan benda keras. Selain Itu cek juga segel yang tertera dibagian bawah laptop, jika ada segel yang rusak mungkin laptop tersebut pernah diservis.

2. Cek Daya Tahan Batrei Laptop. Batrai merupakan salah satu penunjang dalam kinnerja laptop, Kualitas batrai tidak dapat dilihat secara fisik, namun jangan risau, kita dapat mengetahui kualitas batrai dengan cara memakai laptop tersebut sambil mengaktifkan timer atau penghitung waktu, jika daya tahan batrai diatas 2 jam, maka bisa dipastikan kualitas batrai masih dalam keadaan bagus. Begitupun saat mencharge batrai, jika batrai di charge sampai penuh membutuhkan waktu yang lama, maka batrai tersebut masih baik kualitasnya.



3. Perhatikan Kualitas Keyboard. Untuk bagian yang satu ini, kita tidak perlu bersusah-payah untuk melakukan pengecekan, cara mengecek keyboard laptop sangat gampang sekali, yaitu dengan cara kita menekan keyboard satu persatu, atau menggunakan software untuk mengecek keyboard.





4. Cek kualitas Harddisk. Harddisk merupakan komponen vital dalam sebuah laptop, jika harddisk bermasalah, kinerja laptop pun akan ikut terganggu, mungkin sebagian besar kerusakan laptop terdapat pada harddisk, untuk itu kita sebagai pembeli harus sangat cermat dalam menentukan kualitas harddisk. Meskipun komponen ini tidak terlihat secara fisik karena terdapat dalam casing laptop, kita tetap bisa mengeceknya dengan cara, kita dengan cara menonton film menggunakan laptop tersebut, karena dengan menonton film, harddisk akan bekerja terus menerus, jika saat kita menonton film, film yang kita tonyon patah-patah atau lag, bisa dipastikan harddisk tersebut sudah tidak normal lagi, tidak hanya itu, pada saat kita menonton film, coba seeking(percepat) film tersebut, jika mengalami lag atau patah yang cukup lama, bisa dipastikan harddisk tersebut sudah tidak normal lagi. Selain itu, kita juga dapa mengetahui kualitas harddisk dengan cara membuka partisi harddisk tersebut, jika harddisk tersebut  lama ketika dibuka, harddisk tersebut tidak normal.



5.  Cek Speaker. Sama halnya dengan cara cek keyboard, jika kita ingin mengetahui kualitas speaker laptop, kita hanya perlu memakai laptop tersebut untuk mrmutar musik atau menonton film, jika suara yang keluar masih jernih, maka kualitas speaker tersebut masih bagus.



6. Cek Kualitas DVD Rom. utnuk mengetahui apakah kualitas DVD Rom masih baik atau tidak sebenarnya sangat sederhana yaitu dengan cara memasuk kan CD atau DVD yang ada isinya, kemudian dibua, jika loading untuk membuka CD atau DVD tersebut cukup cepat, berarti DVD Rom nya masih cukup baik. oh iya, cepat lambatnya proses membaca CD atau DVD tidak hanya ditentukan dari DVD Rom saja, tetapi juga dari DVD atau CD tersebut, jadi sebisa mungkin opakai CD atau DVD yang minim Goresannya.



7. Cek Kualitas USB. Sama halnya dengan cek DVD rom, untuk mengetuahui kualitas USB, kita juga harus menggunakan perangkat tambahan misal flashdisk, harddisk external, Card reader, atau Kabel Data yang terhubung dengan HP, cara nya yaitu dengan menancapkan peralatan tambahan tersebut ke post USB dan diamati, apakah laptop mendeteksi piranti tersebut atau tidak.



Itulah sob beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli Laptop bekas, kita sebagai pembeli harus sangat cermat dalam membeli barang, agar harga yang kita keluarkan sebanding dengan kualitas yang kita dapatkan

13 komentar

Thanks Om, jangan lupa mampir lagi yaa

Wah bermanfaat banget infonya gan, izin borkmark dulu deh

Nice article :D sangat bermnfaat ...

Ternyata banyak, ya, yang harus diperhatiin ("3")


Blogwalking, gan~
IRON HAND SHOP
Lihat si peta!!

Pas banget bro, ane rencananya mau beli laptop baru nih. Sangat membantu infonya :D

katanya baru, kok udah keren gini hehe

mskasih infonya mas... ditunggu postingan selanjutnya..


EmoticonEmoticon